Labels

Saturday, January 26, 2013

TUGAS 2 SISTEM OPERASI


a. Batch
Batch sistem yaitu tugas yang dikerjakan dalam satu rangkaian atau mengumpulkan job dalam satu angkatan lalu di eksekusi secara berurutan. 

b. Multiprogramming
Multiprogramming yaitu kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu. Dengan multiprogramming, beberapa tugas disimpan dalam memori dalam satu waktu. CPU digunakan secara bergantian sehingga mengurangi total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

c. Time Sharing
Time Sharing adalah sebuah pembagian sumber daya yang ada pada komputer dengan cara multiprogramming dan multitasking. Dengan time sharing pengguna dapat berinteraksi secara bersamaan dengan menggunakan satu komputer.

d. Multiprocessor
Multiprocessor adalah sistem komputer dengan dua atau lebih CPU identik yang membagi akses secara penuh kepada RAM

e. Sistem terdistribusi
Sistem terdistibusi merupakan sebuah sistem yang komponennya berada pada jaringan komputer. Komponen tersebut saling berkomunikasi & melakukan koordinasi hanya dengan pengiriman pesan (message passing). Dengan kata lain sistem ini melibatkan lebih dari satu komputer dalam suatu infrastruktur jaringan baik local,internet bahkan wireless.

f. Cluster
Cluster adalah kumpulan sektor media penyimpanan yang digunakan oleh sistem operasi sebagai sebuah kesatuan, yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi di dalam berkas atau direktoriCluster dimaksudkan untuk menghemat dalam melakukan manajemen terhadap struktur data di dalam hard disk, sehingga sistem berkas tidak akan mengalokasikan sektor disk fisik, tetapi sekumpulan sektor yang saling berdekatan.

g. Real Time
Suatu sistem dikatakan real time jika dia tidak hanya mengutamakan ketepatan pelaksanaan instruksi/tugas, tapi juga interval waktu tugas tersebut dilakukan. Dengan kata lain, sistem real time adalah sistem yang menggunakan deadline, yaitu pekerjaan harus selesai jangka waktu tertentu. 

h. Handheld
Handheld computer adalah komputer yang cukup kecil sehingga dapat digenggam (hand-held) dan dapat dibawa dengan mudah. Komputer genggam ini dapat bekerja dengan fungsi yang hampir sama dengan komputer biasa. Meskipun sangat mudah untuk dibawa, komputer genggam tidak dapat menggantikan komputer biasa (PC) karena hanya memiliki keyboard dan layar yang lebih kecil. Namun kebanyakan handheld yang kita jumpai saat ini sudah menggunakan sistem touchscreen 

Perbedaan Single programming dan Multi programming
Pada sistem single programming, satu processor mengerjakan satu program yang ada di memori utama, sedangkan pada sistem multiprogramming, satu processor dapat mengerjakan banyak program yang ada di memori utama.

Perbedaan Asymmetric Multiprocessing dan Symmetric Multiprocessing
Dalam Asymmetric Multiprocessing satu prosesor menjadi master dan prosesor lainnya sebagai slave. Master Processor bertugas untuk menjadwalkan dan mengalokasikan proses yang akan dijalankan oleh Slave Processors.
Sedangkan pada symmetric Multiprocessing, setiap prosesor menjadwalkan diri sendiri. Setiap prosesor memeriksa ready queue dan memilih proses yang akan dieksekusi. Penjadwalan terlaksana dengan menjadwalkan setiap prosesor untuk memeriksa antrian dan memilih suatu proses untuk dieksekusi.
asymmetric multiprocessing

symmetric multiprocessing

Perbedaan sistem paralel dan sistem terdistribusi
Pada sistem paralel tiap processor dapat menggunakan memori atau clock bersama-sama, sedangkan pada sistem terdistribusi kumpulan processor tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Perbedaan sistem terdistribusi dan sistem terklaster
Sistem terdistribusi mendistribusikan komputasi di antara beberapa processor. Processor berkomunikasi dengan processor lain melalui saluran komunikasi, misalnya bus kecepatan tinggi atau saluran telepon. Sedangkan sistem terklaster adalah pengembangan dari sistem terdistribusi. Perbedaan sistem terklaster dengan sistem terdistribusi adalah pada sistem terklaster memungkinkan dua atau lebih sistem untuk membagi penyimpan sekunder (storage) bersama-sama. Sistem terklaster mempunyai kehandalan sistem yang tinggi seperti pada sistem terdistribusi.

Symmetric dan asymmetric clustering Symmetric clustering yaitu sebuah sistem dimana semua host menjalankan aplikasi, sedangkan asymmetric clustering yaitu satu server menjalankan aplikasi sementara server lainnya standby.

2 comments: